Belajar Intensitas dan Penerapan Gelombang Bunyi

Posted on

Halo sobat pintar kita akan membahas dan belajar materi siswa Intensitas. Adapun yang akan kita bahas mengenai intensitas ialah rumus intensitas suara, taraf intensitas suara, pengertian intensitas, dan juga pengaplikasian gelombang suara. Baiklah kita simak materi siswa berikut.

Apa Itu INTENSITAS
Intensitas didefinisikan sebagai tenaga yang dipindahkan tiap-tiap satuan waktu tiap-tiap satuan luas. Sebab tenaga tiap-tiap satuan waktu kita kenal sebagai pengertian kekuatan, karenanya intensitas dapat dikatakan juga kekuatan tiap-tiap satuan luas. Secara matematis intensitas dirumuskan sebagai berikut.
I = P/A
Keterangan:
I = intensitas suara (W/m2)
P = tenaga tiap-tiap waktu atau kekuatan (W)
A = luas (m2)

intensitas suara
Apa Itu intensitas suara
Seandainya sumber suara memancarkan suara ke semua arah sama besar (isotropik), luas yang dimaksud sama dengan luas permukaan bola, persamaan intensitas bisa disuarakan : I = P/4πR2.

Taraf intensitas suara yakni logaritma perbandingan intensitas suara kepada intensitas ambang. Secara matematis taraf intensitas suara dituliskan sebagai berikut.
TI = 10 log I/Io
Keterangan:
TI = taraf intensitas suara (dB)
I = intensitas suara (W/m2)
Io= intensitas ambang pendengaran manusia (10^-12 W/m2)

Untuk n buah sumber suara identik, contohnya ada n sirene yang dinyalakan bersama bersama, karenanya besarnya taraf intensitas suara disuarakan:
TIn = TI1 + 10 log n
Seandainya didengar di dua spot yang jaraknya berbeda, besar intensitas suara suara di spot kedua dapat disuarakan sebagai berikut.
TI = TI1 + 20 log (RA/RB)

PENERAPAN GELOMBANG BUNYI
Gelombang ultrasonik bisa dimanfaatkan untuk berjenis-jenis jenis kebutuhan, antara lain pada kacamata tunanetra yang dilengkapi dengan alat pengirim dengan alat pengirim dan penerima ultrasonik; mengevaluasi kedalaman laut; dan alat kedokteran, contohnya pada pemeriksaan USG (ultrasonografi).

Manfaat pesat rambat suara dalam kehidupan sehari-hari ialah pesat rambat gelombang suara dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengenal siang dan malam; pada malam hari kita mendengar bunyi lebih terang ketimbang siang hari sebab kerapatan udara pada malam hari lebih rapat diperbandingkan dengan siang hari.

Resonansi betul-betul berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan resonansi pada alat musik seperti seruling, gendang, beduk, dan lain-lain.

Manfaat pemantulan suara dalam kehidupan sehari-hari, antara lain memutuskan kedalaman laut ialah pada dinding kapal komponen bawah dipasang sebuah sumber getaran (osilator), didekat osilator dipasang alat penerima getaran (hidrofon); menjalankan kuesioner geofisika, mendeteksi, memutuskan lokasi, dan mengklasifikasi gangguan di bumi atau untuk memberitakan struktur bumi, mendeteksi lapisan batuan yang mengandung endapan minyak; prinsip pemantulan ultrasonik bisa diterapkan untuk mengendalikan ketebalan pelat logam dan mendeteksi retak-retak pada struktur logam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *