Contoh dan Struktur Teks Berita

Posted on
Contoh dan Struktur Teks Berita

Halo Sahabat Pintar kali ini Kita akan membagikan figur teks dan struktur teks isu. Namun sebelum kita membahas figur teks isu dan struktur teks isu, kita akan membahas dahulu apa itu pengertian teks isu. Teks isu merupakan teks yang berisi perihal seluruh yang terjadi di dunia yang ditulis di meda cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di TV, atau di upload di web. Info berisi fakta, tapi tak segala fakta diangkat menjadi isu.
figur dan struktur teks isu
teks isu

Nah adapun struktur teks isu terdiri dari:
-Momen utama.
-Latar belakang momen.
-Sumber.
Anda dapat menyuarakan fungsi masing masing struktur teks isu sesudah membaca figur teks isu dibawah ini.

Ekstrak Propolis Tolong Percepat Pemulihan
Momen utama
Jakarta – Uji klinis di RSPAD Gatot Soebroto, ekstrak propolis mempercepat cara kerja kesembuhan pasien demam berdarah dengue. Pasien yang memperoleh terapi tambahan ekstrak propolis menjalani rawat inap lebih singkat.

Latar belakang momen
Senyawa ekstrak propolis dievaluasi tepat sasaran sebagai terapi tambahan bagi pasien demam berdarah dengue. \\”Terapi dikasih hari ketiga atau keempat perawatan terhadap pasien derajat satu atau pada tahap belum mengalami kebocoran di pembuluh darah,\\” kata Kepala Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto, Letnan Kolonel (Ckm) Soroy Lardo, di Jakarta, Kamis (5/3), ketika publikasi \\”Efektivitas Senyawa Uji Klinis Pasien Demam Berdarah Dengue.

Soroy adalah salah satu peneliti pada uji klinis itu. Peneliti lain merupakan dokter pakar penyakit dalam Kolonel (Ckm) Djoko Wibisino, dokter pakar kesehatan jiwa Letkol (Ckm) Baik Sulistyo Budhi, dan dokter pembantu pada Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto Yongkie Iswandi Purnama.

Propolis merupakan bahan lem yang dikumpulkan lebah untuk membikin sarang steril. Regu peneliti menguji senyawa ekstrak propolis yang adalah kombinasi propolis dari sejumlah negara, antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, dan negara di Eropa.

Berdasarkan Soroy, regu menguji efek anti inflamasi (anti peradangan) pada senyawa itu. Riset selama Mei 2012-Juli 2013 di Divisi Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto bermetode uji acak terkendali. Tercatat 63 pasien berusia 17-50 tahun mencontoh uji klinis. Rinciannya, 31 pasien pada klasifikasi dengan terapi ekstrak propolis, meski 32 pasien pada klasifikasi plasebo (tanpa terapi ekstrak propolis). Dosis ekstrak propolis tiga kali dua kapsul per hari selama tujuh hari dengan takaran 200 miligram per kapsul.

Akhirnya, jumlah trombosit pasien yang diberikan ekstrak propolis lebih kencang naik ketimbang pasien klasifikasi plasebo, mulai hari ketiga sampai ketujuh. Hari ketujuh, jumlah trombosit pasien dengan ekstrak propolis bahkan rata-rata menjalani rawat inap 4,69 hari, lebih singkat diperbandingkan dengan klasifikasi plasebo (rata-rata 5,46 hari).

Inilah Sumbernya
Baik menambahkan, dia tidak menemukan efek samping dari terapi ekstrak propolis. Apalagi, selama ini konsumsi produk lebah dan madu aman di masyarakat. \\”Ada enam pasien tidak melanjutkan pengujian sebab muntah. Tetapi, orang sakit demam memang juga menikmati mual,\\” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *