Inilah Gambaran Surga Dan Neraka Menurut Ajaran Islam

Posted on

Kali Ini Kita akan belajar Gambaran/Ilustrasi surga dan neraka. Yah banyak sekali didunia ini yang mau tau bagaimana surga atau ilustrasi surga dan neraka menurut agama2 lain. Memang tak bisa dibayangkan alangkah menawannya surga dan pedihnya siksa api neraka. Kita manusia tak ada yang pernah mengamati menawannya surga maupun mendengar menawannya surga dengan alat indera kita sebab surga cuma bisa diamati dikala kita telah meninggal dan tentunya mesti memiliki amal bagus di dunia ini.

Surga
Kata surga berasal dari bahasa sansakerta merupakan swarga yang artinya kahiyangan. Dalam al-quran disebut \\’al jannah\\’ artinya taman yang ditutupi pohon-pohon dan \\’jannah\\’ merupakan suatu daerah di akhiratyang disediakan untuk orang orang yang bersedekah shalih atau taqwa. (Q.S. Al-Baqarah : 2).

ilustrasi surga
Estetika harta dan kenikmatan surga tak bisa dibayangkan dengan estetika yang ada di dunia karena surga itu belum pernah diamati dan belum pernah didengar. Sebagaimana sabda Rosulullah saw. yang artinya :
\\”Situasi surga itu belum pernah menonjol oleh mata, belum pernah terdengar oleh alat pendengar dan belum pernah terlintas dalam hati seseorang\\”.

Yand dimasukkan kedalam surga itu tak sama tergantung terhadap amalnya selama di dunia, sebab surga itu terdiri dari sebagian nama dan level surga merupakan :

Nama dan Level Surga
Jannatun Na\\’um artinya surga kenikmatan (Q.S Al-Maidah ayat 65).
Jannatun Parassalam artinya rumah keselamatan (Q.S Yunus ayat 25).
Jannatun Firdaus artinya taman yang hijau rumput-rumputnya (Q.S Al-Kahfi ayat 107-108).
Jannatul Ma\\’wa artinya daerah kediaman (Q.S An -Najmu ayat 15).
Jannaul A\\’den artinya daerah membisu (Q.S Al-Bayyinah ayat 7-8).
Jannatul Khuldi artinya daerah yang abadi (Q.S Al-Furqon).
Jannatul Darul Qoror artinya negeri daerah menetap (Q.S Al-Ghofir ayat 39).
Sesudah diatas kita membahas seputar nama-nama dan level surga, kali ini kita akan membahas sesuatu seputar neraka. Yang akan kita bahas kali ini ilustrasi neraka dan juga nama nama nerakan yang terdapat dalam Al-Qur;an yang akan kita bahas sebagai berikut.

Neraka
gambara neraka

Neraka (an-nar) artinya api, merupakan suatu daerah di akhirat yang disediakan bagi orang orang yang timbangan amalnya lebih berat terhadap kejelekan (Q.S Al-Baqarah ayat 39). Sebagaimana nama-nama surga, neraka malahan disebut didalam Al-Qur\\’anul Karim dengan sebagian nama sebagai berikut.

Nama-nama Neraka
Jahannam artinya api yang sungguh-sungguh panas (Q.S An-Naba ayat 21-25).
Al-Jahim artinya api yang sungguh-sungguh panas (Q.S Al-Haqqah ayat 30-32).
Ladha artinya api yang menyala (Q.S Al-Ma\\’bijaksana ayat 15-18).
Al-Khuthomah artinya api yang menyala-nyala (Q.S Al-Humajah ayat 4-9).
As-Sair artinya api yang menyala (Q.S Al-Mulku ayat 5).
As-Saqor artinya api yang membakar (Q.S Al-Muddatsin ayat 26-30).
Hawiyah artinya dari komponen bawah api neraka (Q.S Al-Qori\\’ah ayat 8-11)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *